Social Icons

Tanya Jawab Radja Jin bag 8


Rj : Mereka bukan jin-jin yang rajin beribadah sebagaimana yang anda tanyakan, melainkan jin-jin jahat yang selalu datang kepada orang-orang yang rajin beribadah, supaya mereka terjebak ke dalam kemusyrikan. Allah menggambarkan hal itu dalam firman-Nya,

“Dan sesungguhnya setan-setan itu benar-benar menghalangi mereka dari jalan yang benar dan mereka menyangka bahwa mereka mendapat petunjuk.” (az-Zukhruf : 37)

Adapun pengakuan jin muslim bahwa jin-jin rumah itu dapat mengusir mara bahaya yang akan menimpa penghuninya sangat bertentangan dengan firman Allah,

“Dan sesungguhnya kami (jin) tidak mengetahui (dengan adanya penjagaan itu) apakah keburukan yang dikehendaki bagi orang yang di bumi ataukah Tuhan mereka menghendaki kebaikan bagi mereka.” (al-Jin : 10)

Golongan jin secara keseluruhan tidak lagi mengetahui nasib baik maupun nasib buruk yang akan menimpa manusia di bumi setelah turunnya Al-Qur’an. Apabila kedatangan bahaya yang akan menimpa seseorang saja tidak mereka ketahui, mungkinkah mereka dapat menghalangi datangnya mara bahaya?

P  : Jadi jin yang ada dirumah kita tidak dapat mengusir mara bahaya yang akan menimpa kita?

Rj : Ya, mereka tidak dapat menangkal bahaya yang akan menimpa kita, namun mereka justru akan menimbulkan bahaya dalam kehidupan kita.

P  : Mengapa demikian?

(bersmbung ke bag 9) ( P  = Penulis, Rj = Radja Jin)