Social Icons

Tanya Jawab Radja Jin bag 9

Rj : Anda jangan lupa bahwa mereka adalah setan-setan yang sengaja dikirim iblis untuk menghasut kita dalam kesesatan. Mereka tidak akan berhenti menyesatkan sebelum kita menjadi musyrik atau kafir hingga menjadi pengikut setia meeka.

P  : Bagaimana kalau jin yang saleh?



Rj : Jin-jin yang saleh juga hidup di sekitar manusia, tetapi mereka tidak berani melanggar batasan yang telah diberikan Allah dalam berhubungan dengan manusia. Bacalah surah al-Jin, anda akan thu batasan yang ditentukan Allah mengenai hubungan manusia dan jin.

P  : Kalau begitu tidak ada satupun jin yang dapat membantu manusia dalam menjaga dirinya dari mara bahaya?

Rj : Bukan begitu maksud saya.

P  : Bagaimana maksud anda yang sebenarnya?

Rj : Orang-orang saleh yang ahli ibadah dan senantiasa menjaga ibadahnya dari khurafat, bid’ah dan kemusyrikan tidak akan dapat di infitrasi ibadahnya oleh jin-jin yang sengaja ingin mengajaknya kerja sama atau memberikan perlindungan. Akan tetapi ahli bid’ah, khurafat, kemusyrikan dan orang-orang kafir mereka telah dengan sengaja melakukan kerja ama dengan golongan jin dalam menyesuaikan uusan-urusan dunianya, seperti perdagangan, pengobatan penyakit kronis, jasa tukang sihir, tukang ramal dan para pelaku maksiat dalam dunia perjudian, perdagangan obat-obat terlrang, pelacuran, para penyanyi dan artis film.

P  : Kalau demikian ada golongan jin yang memberikan perlindungan kepada manusia?

Rj : Ada, mereka adalah setan yang memberikan perlinungan terhadap orang-orang yang  musyrik dan kafir. Itulah yang disebut khadam bagi mereka.

P  : Menurut jin muslim orang-orang yang taat beribadah akan dilindungi oleh jin-jin yang taat dari mara bahaya, sedangkan apabila penghuni rumah itu tidak taat, jin-jin itu akan pergi meninggalkannya. Bagaimana menurut anda?

Rj : Yang terjadi justru sebaliknya.

: Sebaliknya bagaimana?

Rj : Bila orang-orang yang menghuni rumah itu adalah orang-orang yang taat ibadah dan sulit digoda setan, setan itu tidak akan betah hidup bersamanya, sedangkan apabila penghuni rumah itu adalah orang-orang yang tidk taat kepada Allah, setan akan semakin betah bersamanya.

P  : Akan tetapi jin saleh ka ada juga di tengah-tengah oang-orang yang saleh. Bukankah mereka akan mampu membantu manusia yang saleh?

Rj : Jin saleh tidak berani melanggar larangan Allah karena ketaatannya kepada ketentuan Allah dan Rasul-Nya.

P  : Bagaimana sebenarnya sifat-sifat mereka?

Rj : Meraka senantiasa beribadah dan menjaga kebersihan akidahnya. Mereka tidak takut menghadapi ancaman tentara-tentara iblis dalam berdakwah. Mereka tidak melakukan kejahatan dan kemaksiatan. Mereka pun tidak mau berhubungan dengan manusia. Mereka tidak sombong seperti jin-jin jahat yang mengatakan sanggup memberikan perlindungan kepada manusia. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah,

“...... mereka adalah sebaik-baik jin....” (Hr Tirmidzi)

Berhubungan dengan Jin

(bersambung bag 10) (P = Penulis, Rj = Radja Jin)