Social Icons

Mata Juga Butuh Olahraga, Ini Caranya!

Bagi yang sering menghabiskan waktu di depan layar gadget,penting artinya untuk selalu menjaga kesehatan mata. Bagi sebagian orang, menatap layar dalam waktu yang lama bisa menyakitkan dan menimbulkan kekelahan. Bila anda termasuk salah satunya, maka menjaga kesehatan mata seharusnya jadi prioritas utama. Walaupun saat ini kondisi mata masih cukup baik, namun sangat penting untuk tetap melakukan pencegahan. Karena, menjaga kesehatan tentu tak perlu menunggu saat sakit. Salah satu upaya preventif menjaga kesehatan mata adalah dengan berolahraga mata. "Olahraga mata penting untuk menjaga fungsi mekanis maupun optiknya. Rajin olahraga mata juga meningkatkan kemampuan fokus, " kata pakar bedah mata, dr. Keiki Mehta. Fungsi mekanis adalah kemampuan mata untuk tetap stabil, dengan mengkoordinasikan dan memperkuat otot mata. Sedangkan fungsi optik adalah kemampuan mata mengkoordinasikan kedua mata dalam memperbaiki image yang dihasilkan. Kemampuan optik menyebabkan mata bisa mengirim citra 3 dimensi ke otak, dan akhirnya mampu membuat mata mampu melihat objek tersebut dengan baik. Olahraga mata mungkin tidak mengurangi ketergantungan pada kacamata. Namun, olahraga mampu memperbaiki dan meningkatkan kekuatan mata setelah seharian penuh digunakan. Olahraga rutin akan menolong mata tidak merasa cepat lelah dan letih ketika waktu kerja berakhir. Selain itu, olahraga juga menyebabkan mata selalu dalam kondisi segar saat memulai hari. Berikut olahraga mata yang dapat dilakukan setiap hari : 

1. Memutar mata 
Putar mata berlawanan dan searah dengan jarum jam, kemudian ulangi setiap 30 menit. Hal ini sangat penting dilakukan, teruatama bila duduk di depan layar komputer atau belajar untuk waktu yang lama. 

2. Tutup mata dengan telapak tangan 
Tutup mata, kemudian tutupi lagi dengan telapak tangan. Penutupan mata tidak perlu terlalu rapat hingga menimbulkan tekanan. Tahap ini akan merilekskan mata yang lelah. 

3. Fokus pada objek lain 
Bila mata terasa lelah, sebaiknya pandang objek lain yang lebih jauh selama setengah menit. Saat itu cobalah untuk perbaiki fokus, kemudian berkedip cepat selama beberapa kali. Setelah itu, ganti pandangan terhadap objek lain yang lebih dekat selama 15 detik, dan berkedip lagi dengan cepat selama beberapa kali. Ulangi tahap ini sebanyak 10 kali untuk mata yang lebih rileks.